Simbiosis Kleptoplasty

Siput Hijau (Elysia chlorotica) dan Alga Hijau (Vaucheria litorea)

Kleptoplasty (secara harafiah artinya “mencuri plastida”) adalah simbiosis dimana plastida alga dimanfaatkan oleh organisme lain. Alga umumnya dikonsumsi oleh suatu organisme, sel alga didegradasi, kecuali plastidanya. Plastida ini tetap berfotosintesis dan hasilnya dimanfaatkan oleh organisme tersebut.

Contoh simbiosis kleptoplasty yaitu antara Elysia chlorotica dan Vaucheria litorea. Elysia chlorotica adalah spesies siput laut yang menyedot getah dari alga Vaucheria litorea. Siput yang hidup di daerah lautan Atlantik ini terkenal karena kemampuannya untuk berfotosintesis. Saat mencerna sel alga, semua bagian sel didegradasi kecuali kloroplasnya. Kloroplas ini kemudian masuk ke sel-sel tubuh siput, dan siput dapat berfotosintesis. Hal ini sebenarnya umum terjadi pada dinoflagellata atau ciliateadimana kloroplas selama berada di tubuh pemangsa, akan tetap berfotosintesis dan dimanfaatkan hasilnya.

Yang berbeda dari Elysia chlorotica adalah kemampuannya untuk menjaga kloroplas hingga lebih dari 10 bulan, sedangkan pada organisme lain, hanya sekitar beberapa hari. Gen pada kloroplas tumbuhan hanya mampu mengkode 10% dari protein yang dibutuhkan kloroplas tersebut, sehingga tanpa bantuan dari bagian sel yang lain, dalam beberapa hari kloroplas akan mati. Penelitian lebih lanjut menemukan bahwa Elysia chlorotica telah melakukan transfer gen horizontal dari Vaucheria litorea. Dalam genom Elysia chlorotica, ditemukan sekuen DNA yang menghasilkan klorofil serta protein-protein pendukung kloroplas, sehingga kloroplas dapat dipertahankan selama berbulan-bulan.

Gen ini juga diwariskan oleh Elysia chlorotica ke keturunannya. Namun, anakan Elysia chlorotica belum mampu berfotosintesis, karena gen ini hanya mencakup sintesis klorofil dan sintesis protein-protein pendukung, tanpa ada gen yang mampu mensistesis kloroplas. Anakan Elysia chlorotica akan mampu berfotosistesi setelah “mencuri” cukup kloroplast dari alga.

Sumber

http://en.wikipedia.org/wiki/Elysia_chlorotica

http://en.wikipedia.org/wiki/Kleptoplasty

http://www.digitaljournal.com/article/285735

http://www.msnbc.msn.com/id/34824610/ns/technology_and_science-science/

http://www.newscientist.com/article/dn16124-solarpowered-sea-slug-harnesses-stolen-plant-genes-.html



One response to “Simbiosis Kleptoplasty

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s