Cleaner Shrimp: Lysmata amboinensis

Udang pembersih (Lysmata amboinensis) adalah salah satu spesies umum penghuni ekosistem terumbu karang di daerah Indo-Pasifik. Decapoda ini adalah omnivore yang memiliki kebiasaan unik : membersihkan mulut kliennya dari jaringan mati dan parasit.
Beberapa dari kliennya adalah moray eel, ikan wrasse, dan dalam foto diatas, guide diver kami saat di Tulamben, Bali. Lysmata terkadang membuka “cleaning station”, dimana si udang ini mangkal menunggu klien. Bahkan terkadang terjadi antrian klien.
Bentuk simbiosis antar Lysmata dan kliennya adalah mutualisme, si udang dapat makanan, si klien mulutnya bersih. Bagaimana alam bisa mendorong terjadinya simbiosis ini, masih misteri. Karena bentuk simbiosis seperti ini membutuhkan tingkat kepercayaan antar spesies yang sangat tinggi. Besar kemungkinan ada yg berkhianat : si klien malah makan si udang atau si udang malah menggigit daging mulut klien. Atau mungkin saja ada spesies yang meniru (mimikri) salah satu dari mereka untuk mengambil keuntungan.
Bagaimanapun, begitulah terjadinya: sudah ada kesepakatan umum bagi Lysmata dan kliennya untuk tetap bersimbiosis mutualisme. And they live happily ever after: Lysmata with full stomach, clients with clean mouth

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s