Blog ini ternyata rame juga~ terima kasih para praktikan

Udah hampir setahun nggak buka Blog ini, ternyata masih aja rame pengunjungnya. Mayoritas pasti praktikan yang mau buat laporan praktikum! Iya kan? huahahahahahah

Awalnya saya hanya membuat blog ini untuk posting isi laporan praktikum saya. Eh gak nyangka malah jadi lumayan ramai pengunjungnya. Padahal sebenarnya nilai praktikum saya nggak pernah bagus.

Praktikum buat saya adalah kegiatan yang kontradiktif. Menjalaninya seru, bikin laporannya mual. Biasanya bikin laporan pasti menjelang deadline, dan bergadang, karena alasan yang simple: malas mengerjakannya. Dan laporan itu pun hanya akan diprint, dinilai, dijilid kemudian ditimbun di kost.

Daripada tulisan panjang yang telah saya buat (serius lho panjang, kalau laporan praktikum selama S1 itu ditumpuk, tingginya lebih dari setengah meter, mengalahkan draft buku Harry Potter atau A Song of Ice and Fire) – berjamur dan hilang, lebih baik saya bagi di dunia maya.

Tapi percayalah, laporan praktikum itu ada gunanya juga…. bagi yang ingin menjadi dosen atau peneliti. Referensi praktikum paling diwajibin 5, tapi kalo dah nulis jurnal paling nggak 10, bahkan bisa berpuluh-puluh. Well, diluar profesi itu sebenanrnya saya lebih suka membuat tulisan santai tanpa perlu bahasa baku dan harus mencantumkan nama orang dibelakangnya.

Dan bila ternyata para praktikan sekalian di masa depan gak berminat jadi dosen atau peneliti, kan lumayan laporannya bisa jadi ganjalan pintu. Yang jelas saat kalian lulus dan melihat jilid-an laporan kalian ditumpuk, pasti akan kaget dan kagum sendiri : “Gilak! setebal ini eyke yang nulis?!! Sumpe lo brooow?!”. Perasaan yang menakjubkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s